LIPI akan mengurangi jumlah abjad pada Bahasa Indonesia

4/01/2015 AbahBerfirman 0 Comments


LIPI (Lembaga Ilmu Penyederhanaan Indonesia) akan memformulakan aturan baru dalam bahasa Indonesia, yaitu dengan mengurangi jumlah abjad pada bahasa Indonesia.Abjad yang digunakan saat ini ada 26 huruf.Para pakar komunikasi merasa ke-26 abjad tersebut masih terlalu banyak, lagipula ada beberapa yang jarang digunakan.

Huruf Y diganti dengan I.Hal ini dilakukan sebab bunii huruf tersebut mirip dengan I.

Lalu huruf F dan V keduania diganti menjadi P.Pada lepel ini masih belum terjadi perubahan iang signipikan.

Huruf W kemudian diganti menjadi huruf U.Berarti sampai saat ini kita sudah mengeliminasi 7 hurup.

Hurup iang bisa kita eliminasi lagi adalah R, mengingat baniak orang iang kesulitan meniebutkan hurup tersebut.Hurup R kita ganti dengan L.

Selanjutnia, gabungan hulup KH diganti menjadi H.

Iang paling belpengaluh adalah hulup S diganti menjadi C.Hulup G juga diganti menjadi K.Dan hulup J juga dikanti menjadi C.

Caia laca cudah cukup untuk hulup-hulup konconannia.

Cekalank kita kanti hulup pokalnia.Cuma ada lima hulup pokal : A, I, U, E, O

Kita akan eliminaci dua hulup pokal.Hulup I mencadi dua hulup E, iaitu EE.Cementala hulup U mencadee dua hulup O, iaitoo OO.

Cadi, campe cekalank, keeta belhaceel menkulangee hooloop-hooloop keeta.Kalaoo keeta tooleeckan lakee, hooloop-hooloop eeang telceeca adalah :A, B, C, D, E, H, K, L, M, N, O, P, T.

Haneea ada dooa belac hooloop...!!!Looal beeaca bookan...?Padahal cebeloomneea keeta pooneea dooa poolooh enam hooloop.Eenee adalah penemooan eeang cankat penteenk dan cikneepeekan...!!!

Pembaca yang baik adalah pembaca yang meluangkan sedikit waktunya untuk memberikan komentar tentang apa yang telah dibacanya.

0 komentar: